DIV - Teknik Telekomunikasi PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Rabu, 20 April 2011 10:41

PROGRAM STUDI D4 TEKNIK TELEKOMUNIKASI

Untuk menjembatani ke senjangan kualifikasi sumber daya manusia pada posisi pengelolaan sistem telekomunikasi, diperlukan jenjang pendidikan yang mampu menyelesaikan praktek pengelolaan sistem telekomunikasi nirkabel. Untuk itu, Jurusan Teknik Elektro Politenik Negeri Bandung menyelenggarakan pendidikan program diploma IV Teknik Telekomunikasi.

Sistem Pendidikan

Kurikulum disusun berdasarkan harapan Undang-undang harpan Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang pendidikan Nasional. Sifat dari program diploma IV sebagai jalur pendidikan vokasi memberikan kompetensi ranah pengetahuan, psikomotorik dan sikap.

Kurikulum jenjang diploma IV mencakup pembebanan minimum 144 sks yang diselenggarakan dalam 4 tahun terbagi dalam 8 semester, atau paling lama dalam 10 semester.

Proses Belajar Mengajar

Penyelenggaraan proses belajar mengajar program pendidikan sarjana sain terapan pada Program Studi Teknik Telekomunikasi jenjang DIV menganut prinsip-prinsip sebagai berikut:

1.     Program pendidikan jenjang diploma IV dapat diikuti oleh lulusan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan melalui ujian saringan masuk

2.     Program pendidikan jenjang diploma IV diselenggarakan berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK)

3.     Program pendidikan jenjang diploma IV diselenggarakan selama 8 semester, dengan 7 semester kuliah terstruktur termasuk Penyusunan Laporan Proyek Akhir, dan 1 semester Praktek Kerja Lapangan dan magang di industri

4.     Satu semester terdiri dari 18 minggu kuliah, dan 2 minggu masa ujian (tengah semester dan akhir semester)

5.     Beban perkuliahan tiap minggu 36-38 jam kuliah teori dan praktek. Durasi tiap jam kuliah adalah 50 menit

6.     Proses belajar mengajar dilaksanakan dari hari Senin sampai dengan Jumat mulai pukul 7.00 sampai dengan 18.20

7.     Sistem pendidikan menganut satuan kredit semester (SKS). Satu SKS teori terdiri dari 2 jam tatap muka, dan 1 jam kerja mandiri. Sedangkan 1 SKS praktek/laboratorium dilaksanakan 3 – 4 jam tatap muka

Bidang Keahlian

Pendidikan ilmu teknik telekomunikasi adalah suatu disiplin keilmuan rekayasa atau keteknikan yang mempelajari dan mengembangkan tentang pembangkitan, pengolahan, penyaluran dan distribusi sinyal informasi. Beberapa bidang keahlian yang dapat dipilih, yaitu:

  • Radio Communications
  • Mobile Cellular Communications
  • Signal Processing, Information Theory, Coding Theory
  • Circuits & Systems, Communication Electronics Systems, Broadcast Technology, Switching Technology
  • Antennas & Propagation, Microwaves Theory & Techniques
  • Telecommunication & Computer Networking

Profil Lulusan

Program pendidikan sarjana sain terapan diutamakan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan teknik dan menajerial dalam melaksanakan suatu pekerjaan sistem telekomunikasi.

Khusus untuk sistem telekomunikasi nirkabel, pemahaman fundamental mengenai komunikasi udara (seperti teori gelombang, telekomunikasi radio, gelombang mikro, jaringan terrestrial, jaringan broadband, telekomunikasi satelit, serta telekomunikasi bergerak (mobile communication) menjadi persyaratan yang mutlak.

Kompetensi lulusan

Lulusan  jenjang diploma IV akan bergelar Sarjana Sain Terapan (SST) yang setara dengan Sarjana (S1). Setelah menyelesaikan pendidikan jenjang diploma IV, lulusan akan  memiliki kompetensi seperti berikut:

1.         Menguasai pengetahuan dasar keilmuan  yang cukup luas yang diperlukan untuk memahami pengoperasian dan pemeliharaan jaringan telekomunikasi.

2.         Menganalisis kinerja jaringan telekomunikasi, dan menyelesaikan masalah-masalah praktis teknik telekomunikasi dengan menggunakan teknik, skill dan alat bantu modern.

3.         Merancang, menginstal, menguji, memodifikasi dan mengintegrasikan suatu sistem dan jaringan telekomunikasi.

4.         Mampu berkomunikasi, baik secara individu maupun dalam tim.

5.         Mampu bertanggung jawab dan memiliki etika profesi, serta menyadari kebutuhan untuk belajar seumur hidup

6.         Mampu memahami serta mengikuti perkembangan-perkembangan terkini dalam bidang teknik elektro, khususnya dalam bidang teknik telekomunikasi.

Fasilitas Pendidikan

Dalam rangka melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, program Studi Teknik Telekomunikasi jenjang DIV didukung dengan fasilitas : ruang kelas, raung aperpustakaan, ruang bengkel dasar teknlogi mekanik serta empat ruang laboratorium telekomunikasi:

  • Laboratorium Frekuensi Tinggi & Gelombang Mikro
  • Laboratorium Teknik Radio
  • Laboratorium Telematika
  • Laboratorium Sistem Telekomunikasi

Selain ruang laboratorium di atas juga didukung leh:

  • Laboratorium Elektronika Analog
  • Laboratorium Elektronika Digital
  • Laboratorium Mikroprocessor dan Mikrokontroler
  • Laboratorium Komputer

Masing-masing laboratorium pendidikan dan penelitian tersebut memiliki sumber daya manusia serta fasilitas yang mendukung sesuai dengan bidang keahliannya.

 

Facebook Like