Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil yang didirikan tahun 1982, berdasarkan SK. DIRJEN DIKTI No.03/DJ/Kep/1979, tertanggal 27 Januari 1979, menyelenggarakan 2 Program Studi jenjang Diploma 3, yaitu Program Studi Teknik Konstruksi Sipil (PSKS) dan Program Studi Teknik Konstruksi Gedung (PSKG), dan 2 Program Studi jenjang Diploma 4 (Sarjana Sains Terapan) yaitu Program Studi Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan (TPJJ) dan Program Studi Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung (TPPG).

VISI

Menjadi jurusan vokasi Teknik Sipil yang unggul dan terdepan dalam pengembangan teknologi.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berjiwa kewirausahaan serta dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.
  • Melaksanakan penelitian terapan yang diarahkan pada masalah aktual yang dihadapi oleh industri konstruksi dan menyebarluaskan hasilnya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung peningkatan mutu kehidupan masyarakat.

Program Pendidikan jenjang Diploma 3

Program Pendidikan jenjang Diploma III bertujuan menghasilkan lulusan yang menguasai kemampuan dalam bidang kerja yang bersifat rutin maupun yang belum akrab dengan sifat-sifat maupun kontekstualnya, secara mandiri dalam pelaksanaan maupun tanggungjawab pekerjaannya, serta mampu melaksanakan pengawasan dan bimbingan atas dasar keterampilan manajerial yang dimilikinya.

PROGRAM PENDIDIKAN DIPLOMA 4 / SARJANA SAINS TERAPAN (SST)

Program Pendidikan jenjang Diploma 4 (Sarjana Sains Terapan) bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan professional tertentu dengan menguasai kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang kompleks termasuk keterampilan merencanakan, melaksanakan kegiatan, memecahkan masalah dengan tanggung jawab mandiri pada tingkat tertentu, memiliki keterampilan manajerial, serta mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi di bidang keahliannya.

SARANA DAN PRASARANA

Jurusan Teknik Sipil terletak di Kampus Politeknik Negeri Bandung, jalan Geger Kalong Hilir, Desa Ciwaruga, Bandung, dan dilengkapi dengan 10 laboratorium, yaitu: Lab. Mekanika Tanah, Lab. Uji Bahan, Lab. Simulasi Teknik, Lab. Hidrolika, Lab. Surveying, Lab. Komputasi, Lab. Konstruksi Batu dan Beton, Lab. Konstruksi Kayu dan Perancah, dan Lab. Konstruksi Baja, Plumbing dan Drainase. Luas laboratorium keseluruhan 3827 m2 dan melayani 103 kegiatan dari 20 mata kuliah. Peralatan laboratorium pada Jurusan Teknik Sipil sangat memadai. Jumlah kelas 16 buah. Masing-masing kelas memiliki ukuran 8 x 8,1 meter, dengan kapasitas 32 mahasiswa, salah satu di antaranya memiliki luas 43,2 m2. Jumlah ruangan staf keseluruhan 440.89 m2 untuk 68 pengajar, sehingga setiap pengajar menempati 6.49 m2.

KUALIFIKASI DOSEN

Sumber Daya Manusia pada Jurusan Teknik Sipil terdiri dari 68 dosen dan 24 tenaga pendukung (non Dosen).  Rasio antara dosen dan mahasiswa terdaftar sebesar 1 : 6 dengan komposisi S3 = 4 orang SP1/S2 = 45 orang, S1/DIV = 19 orang.

RISET UNGGULAN

  • Tinjauan terhadap pengaruh pengaku konsentris dan eksentris pada struktur baja dengan daktilitas penuh terhadap gempa
  • Kajian terhadap simulasi aliran dengan konsentrasi/polutan di dalam saluran terbuka menggunakan metode TVD Lax-Wendroff.
  • Stabilisasi dan Perkuatan Tanah
  • Pemanfaatan agregat daur ulang untuk beton
  • Pemanfaatan limbah tiling sebagai bahan konstruksi

UJI KOMPETENSI

Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bandung, terhitung sejak tanggal 7 Januari 2010 sudah dapat melaksanakan Uji Kompetensi Ketrampilan, berdasarkan Surat Keputusan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi No. 01/LPJK/KPTS/D/1/2010. Klasifikasi Bidang / Sub Bidang yang ditangani Badan Sertifikasi Keterampilan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknologi Konstruksi (BSK Pusdiklat Tek-Kon) Jurusan teknik Sipil Politeknik Negeri Bandung adalah sbb:

 

No

Klasifikasi

Bidang

Sub-Bidang

No. Kode

1

ARSITEKTUR Tukang Pasang Batu / Stone (Rubble) Mason (Tukang TA 005
Bangunan Umum)
Tukang Kayu / Carpenter (termasuk Kayu Bangunan) TA 009
Pengawas Bangunan Gedung TA 024

2

SIPlL Juru Ukur / Teknisi Survey Pemetaan TS 004
Teknisi Laboratorium Beton TS 006
Teknisi Laboratorium Tanah TS 007
Teknisi Laboratorium Aspal TS 008
Tukang Besi Beton/Barbender/Bar Bending TS 012
Tukang Cor Beton/Coneretor/Conerete Operator TS 013
Tukang Pasang Perancah / Formworker/Formwork TS 014
Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan TS 028

Pelayanan permintaan uji kompetensi maupun pelatihan tidak hanya ditujukan untuk mahasiswa Politeknik Negeri Bandung, tetapi terbuka pula untuk umum. Uji Kompetensi dapat dilaksanakan di BSK Pusdiklat Tek-Kon Jurusan Teknik Sipil Polban, Jl. Gegerkalong Hilir, Ds. Ciwaruga, Bandung 40012. Telp/fax (022) 2016150, ataupun melalui kerja sama dengan Unit Pelaksana Sertifikasi di Daerah terdekat dengan pemohon (dengan jumlah minimal pemohon sertifikasi terpenuhi.

SERTIFIKASI

Berdasarkan Nota Kesepahaman antara Politeknik Negeri Bandung dengan Dewan pengurus Daerah Himpinan Pengembangan Jalan Indonesia Jawa Barat No. Pihak Pertama : 1406/K8.R/DN/2008 dan No Pihak Kedua : UM.108/HPJI-JABAR-XII/2008, maka mahasiswa D3 Program Studi teknik Konstruksi Sipil serta D4 Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan mahasiswa akan mendapatkan Sertifikasi Pengawas Jalan / Jembatan atau Sertifikasi Perencana Jalan / Jembatan.

 

 

 

 

Jurusan Teknik Sipil
Download

 

Facebook Like