- VISI & MISI
- PROFIL LULUSAN
- CAPAIAN PEMBELAJARAN
- INDUSTRI PENGGUNA
- KEUNGGULAN
- PROFIL VERSI PDF
Visi
Menjadi program studi unggul dalam bidang ilmu manajemen pemasaran terapan tingkat nasional pada tahun 2027 dan internasional pada tahun 2030.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan ilmu manajemen pemasaran terapan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, berkarakter, dan memiliki semangat untuk terus berkembang, berjiwa kewirausahaan dan berwawasan lingkungan.
- Melaksanakan penelitian terapan di bidang ilmu pemasaran dan menyebarluaskan hasilnya untuk menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dan teknik-teknik pemasaran guna membantu pengembangan industri, pemerintah, dan masyarakat luas.
- Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknik-teknik pemasaran untuk mendukung peningkatan mutu kehidupan.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang manajemen pemasaran terapan sesuai kebutuhan industri.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan dan berwawasan lingkungan.
- Mengembangkan sistem pembelajaran program manajemen pemasaran terapan yang adaptif dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai kebutuhan masyarakat.
- Membangun budaya penelitian terapan yang kreatif dan inovatif di bidang manajemen pemasaran yang dapat membantu pemecahan masalah di industri, pemerintah, dan masyarakat luas.
- Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat yang mendorong terciptanya pemanfaatan pengetahuan dan keahlian pemasaran terapan di industri, pemerintah, dan masyarakat.
- Membangun kemitraan dan kerjasama dengan dunia usaha dunia industri (DUDI) dan institusi lain dalam mengembangkan keahlian di bidang pemasaran terapan.
Profil lulusan program Sarjana Terapan Program Studi Manajemen Pemasaran, setara dengan Jenjang Kualifikasi 6 KKNI, setelah mengalami proses pembelajaran selama 8 semester diharapkan mampu berperan di masyarakat/menempati sesuai jabatan kerja kategori sebagai staff yang ahli menangani pekerjaan managerial di bidang pemasaran.
Klaster dalam Skema Sertifikasi | Jabatan Kerja/ Okupasi SKKNI | Nomor SKKNI atau Keputusan Menteri | Profil Lulusan |
Kategori : Jasa Profesional
Golongan : Konsultasi Manajemen Area Kerja: Pemasaran |
Tenaga Pemasar Manajerial | SK Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 389 Tahun 2013 | 1. Manajer Pemasaran |
Kategori : Jasa Profesional
Golongan : Konsultasi Manajemen Area Kerja: Penjualan |
Tenaga Pemasar Manajerial | SK Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 389 Tahun 2013 | 2. Manajer Penjualan |
Kategori : Jasa Profesional
Golongan : Konsultasi Manajemen Area Kerja: Layanan |
Tenaga Pemasar Manajerial | SK Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 389 Tahun 2013 | 3. Manajer Layanan |
Kategori : Jasa Profesional
Golongan : Konsultasi Manajemen Area Kerja: Merek |
Tenaga Pemasar Manajerial | SK Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 389 Tahun 2013 | 4. Manajer Merek |
Kategori : Jasa Profesional
Golongan : Konsultasi Manajemen Area Kerja: Pemasaran |
Tenaga Pemasar Manajerial | SK Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 389 Tahun 2013 | 5. Periset Pasar |
Wirausaha Industri | Wirausaha Industri | Kepmen Tenaga Kerja & Transmigrasi RI No.53 tahun 2014 | 6. Wirausahawan |
Kategori : Jasa Profesional
Golongan : Kursus dan Pelatihan Pemasaran Digital |
Pemasar Digital Pengiklan | SKKNI Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Direktorat Jendral PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | 7. Tenaga Pemasar Digital |
Deskripsi Profil lulusan progam sarjana terapan program studi manajemen pemasaran, sebagai berikut:
- Manajer Pemasaran:
Mampu melakukan analisis strategi pemasaran perusahaan dan menyusun strategi bisnis perusahaan.
- Manajer Penjualan:
Mampu merancang rencana penjualan dan mengelola tim penjualan dalam tataran manajerial serta menyusun formulasi sales forecast dan evaluasi kinerja organisasi.
- Manajer Layanan:
Mampu mengelola organisasi yang berfokus pada pelanggan serta menciptakan budaya layanan dan mendesain cetak biru layanan bagi organisasi.
- Manajer Merek:
Mampu mengelola terhadap bauran pemasaran dan merancang perkembangan brand value dari
produk maupun organisasi.
- Wirausahawan:
Mampu mendirikan dan menjalankan perusahaan skala mikro/kecil/menengah berdasarkan rencana usaha dalam rangka mencapai tujuan-tujuan usaha yang telah ditetapkan.
- Pemasar Digital:
Mampu melakukan perencanaan pemasaran digital, pembuatan konten pemasaran digital berupa video, pengembangan media layanan pemasaran digital, serta mengelola bisnis digital secara mandiri.
- Periset:
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau produk penelitian dalam bidang ilmu manajemen pemasaran berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah
- Mampu menginternalisasi nilai-nilai spiritual, etika, dan kemandirian dalam setiap aktivitas profesional, serta menunjukkan kepedulian sosial yang tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat. Dengan kemampuan adaptasi yang baik, lulusan dapat berkontribusi secara profesional dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi strategi pemasaran yang berkelanjutan, relevan dengan perkembangan teknologi dan dinamika pasar.
- Mampu melaksanakan analisis TOWS; ancaman (threat), kesempatan (opportunity), kelemahan (weakness), dan kekuatan (strength); menentukan elemen strategi pemasran (Segmenting, Targeting, Positioning) dan elemen taktik (diferensiasi dan marketing mix) dari pemasaran organisasi; mengkaji ulang elemen nilai pemasaran organisasi; dan menyeleksi model bisnis, merancang serta mengimplementasikan strategi bisnis.
- Mampu mempersiapkan implementasi strategi pengukuran efektivitas pemasaran dengan menetapkan parameter pengukuran yang tepat dan relevan, merancang strategi pengukuran efektivitas pemasaran termasuk tujuan pengukuran dan evaluasi serta metode pengukuran yang tepat, dan melaksanakan pengukuran efektivitas pemasaran.
- Mampu melakukan komunikasi efektif dan konsisten kepada klien dan pelaku usaha, melakukan komunikasi dalam tim kerja, merespon terhadap hambatan komunikasi yang timbul dan melakukan dokumentasi sesuai keperluan; memulai komunikasi interpersonal dengan pelanggan, menetapkan strategi manajemen
hubungan pelanggan, menjaga dan meningkatkan hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan dan membangun dan memelihara jaringan. - Melakukan evaluasi terhadap kegiatan operasional penjualan saat ini, merumuskan rencana untuk peningkatan penjualan, memantau pelaksanaan atas rencana atas rencana peningkatan penjualan.
- Merencanakan pelatihan dan pengembangan individu dan tim penjualan, menentukan metode pengembangan pelatihan individu dan tim penjualan, merencanakan rangkaian operasional penjualan; meningkatkan kinerja
tim penjualan, menyelaraskan sistem evaluasi kinerja dan kompensasi organisasi penjualan; meninjau, merancang, dan menyelaraskan strategi penjualan. - Mengelola moment of truth dengan memetakan titik-titik interaksi penting dalam interaksi dengan pelanggan, merancang proses pelayanan khusus untuk setiap titik interaksi penting, dan memantau pelaksanaan layanan di setiap momen kebenaran; Merancang cetak biru-layanan dengan memetakan alur kegiatan pelanggan yang bersinggungan dengan organisasi, memetakan personil organisasi yang berperan dalam alur kegiatan pelanggan, memetakan peranan sistem-sistem pendukung organisasi dalam alur kegiatan pelanggan, mengidentifikasi pengalaman yang diharapkan oleh pelanggan di setiap titik kegiatan, menyusun standar pelayanan untuk setiap titik alur kegiatan pelanggan; menyusun pelayanan yang khas berdasarkan merek menerjemahkan karakter merek
organisasi, dan mengintegrasikan karakter merek terhadap layanan organisasi. - Mampu membangun standar layanan daring, melaksanakan dan mengawasi standar layananan pelanggan daring, dan meninjau ulang standar layanan pelanggan daring sehingga perluasan pangsa pasar mancanegara dapat terwujud
- Menentukan kebutuhan dan tujuan riset, menentukan metode riset, mempersiapkan instrumen riset, termasuk didalamnya mengolah data riset: menginput data riset, menganalisis data riset, dan menyusun laporan riset
- Mampu menentukan tujuan dan menetapkan keputusan dalam portofolio produk dan/atau merek.
Profil industri dan perusahaan dimana para alumni menempuh karir mereka adalah bidang industri manufaktur, perdagangan, institusi pemerintah dan lainnya, termasuk menjadi wiraswasta.
Pengalaman dan praktik perkuliahan mampu membentuk kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industry. Lulusan tersertifikasi kompetensi tenaga pemasar tingkat operasional sehingga mampu menangani pekerjaan manajerial dan praktikal di bidang pemasaran, dapat mengidentifikasi ruang lingkup pemasaran, melaksanakan keterampilan penjualan, melaksanan event pemasaran, dapat mewujudkan kepuasan pelanggan, mengelola informasi dan komunikasi untuk menunjang kegiatan pemasaran, memiliki kemampuan melakukan riset pemasaran serta memiliki spirit kewirausahaan. Selain itu lulusan mampu berkomunikasi secara efektif lisan dan tulisan dalam bahasa asing (Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin).