BANDUNG, polban.ac.id – Vent-I singkatan dari Ventilator Indonesia  diinisiasi oleh Dr. Ir. Syarif Hidayat, Dosen STEI ITB yang juga merupakan pembina YPM Salman ITB. Gagasan ini timbul karena kelangkaan ventilator, padahal alat kesehatan tersebut  sangat dibutuhkan dalam masa pandemik Covid-19 ini.

Vent-I ini adalah alat alternatif untuk membantu pernapasan bagi pasien yang masih dapat bernafas sendiri atau yang dirawat di luar ICU. Alat tersebut memiliki fungsi utama yaitu sebagai CPAP (Continuous Positive Airway Pressure).   

Ada 4 empat tim yang teribat dalam pembuatan ventilator ini, Polban termasuk dalam tim kedua, yaitu tim produksi bersama ITB, Politeknik Manufaktur (Polman) Bandung, UPI, SMK, dan PT DI. Tiga tim lainnya adalah tim Dokter dari Fakultas Kedokteran UNPAD yang melakukan pendampingan pembuatan desain dan uji ventilator, tim Distribusi ventilator yang berkantor di Masjid Salman ITB, dan Tim Komersialisasi yang dikelola oleh PT Rekacipta Inovasi ITB.

 

Polban berperan serta dalam hal assembling/perakitan komponen bersama Polman dan PT DI  (untuk versi pertama ini, diproduksi kira-kira 100 unit), sedangkan beberapa mahasiswa  terlibat dalam pembuatan komponennya yang dikerjakan bersama beberapa vendor, SMK, dan mahasiswa ITB dan Polman.

“Saat ini, beberapa mahasiswa dari Jurusan Teknik Refrigrasi Tata Udara dan Jurusan Teknik Elektro Polban membantu menyiapkan harnessing dan soldering PCB di Salman ITB, sedangkan dosen dan teknisi melaksanakan assembling/perakitan unit di Polban dengan tetap menjalankan protokol Kesehatan Covid-19. Rencananya, produksi versi kedua akan dilakukan setelah versi pertama ini selesai, dan akan dilanjut versi ketiga untuk versi komersialnya. Kegiatan ini didukung penuh oleh pimpinan/ manajemen dan warga Polban. Kami berharap, sekecil apa pun peran Polban, sebagai institusi pendidikan, tetap dapat berkontribusi dalam memerangi  pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi bangsa Indonesia ini. Semoga bencana ini segera berlalu,” ujar Windy Hermawan, selaku PIC Polban.

sumber: Dr. Ir. Windy Hermawan Mitrakusuma , MT. (Tenaga Pendidik Jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara Polban)

Please follow and like us:
error